Selamat datang di http://rajiman77.blogspot.com {sometimes there is someone that is always there in the heart bur not in everyday life}

Buku Tamu

Kamis, 23 Januari 2014

Menyesuaikan Diri & Menerima Keadaan

Menyesuaikan Diri & Menerima Keadaan
Dalam menjalani kehidupan ini, kita harus bisa "Menyesuaikan Diri dengan Keadaan dan Menerima Keadaan penuh Kesadaran".
Menyesuaikan diri dengan keadaan dalam arti kita harus bisa menyesuaikan diri tanpa harus memaksakan hati serta perasaan sendiri agar senantiasa merasa puas, kita harus siap menerima dan mensyukuri segala kekurangan dan kelebihan kita. Menginginkan sesuatu yang jauh diluar jangkauan dan tidak mungkin kita jangkau bukan merupakan sikap menyesuaikan diri. Bersikap tidak cocok dengan sekeliling kita dan ingin menang sendiri serta membawa kehendak sendiri itu bukan merupakan sikap menyesuaikan diri. Kita harus berusaha menghindar dari kedua sikap tersebut.
"Jika sedang dalam posisi berkedudukan tinggi (berpangkat) tidak mudah menghina bawahan, dalam kedudukan rendah tidak menjilat atasan. Berusaha untuk memperbaiki kekurangan diri dan menghindari menyalahkan orang lain".
Menerima keadaan dengan penuh Kesadaran merupakan sikap dimana kita bisa menerima segala bentuk keadaan dan kejadian yang menimpa diri dengan keikhlasan dan dengan penuh kesadaran bahwa semua itu terjadi karena kehendak-Nya serta tidak dengan mudah menyalahkan Allah SWT dan orang lain.
Dalam menghadapi dan mensikapi kegagalan berusaha menerima dengan Ikhlas dan kesadaran bahwa kegagalan merupakan akibat dari sebab, dan sebab itulah yang harus dicari untuk bahan melakukan koreksi dan evaluasi diri.
"Dalam menghadapi dan mensikapi Kegagalan/Musibah/Malapetakan yang menimpa diri dengan melakukan Intropeksi diri (memeriksa diri sendiri) lalu melakukan Self-Koreksi tanpa harus membenci serta menyalahkan (mencari kesalahan) orang lain".

0 komentar:

Posting Komentar