Selamat datang di http://rajiman77.blogspot.com {sometimes there is someone that is always there in the heart bur not in everyday life}

Buku Tamu

Minggu, 02 Februari 2014

Lebih Berharga daripada Emas Permata

Nindakake kabecikan semono ora mesthi kudu cucul wragad, nanging biso ditindakake kanthi sarono pakarti-pakarti liyane sing sejatine akeh banget carane. Sauger biso gawe senenging liyan, umpomone wae kanthi ulat sumeh tangkep srawung kang sumanak, biso manjng ajur-ajer ing madyaning bebrayan, lan biso dadi patuladhan laku utomo. Kabeh mau klebu ewoning tindak kabecikan kang ajine ngluwihi wragad dedono kang diwenehake utowo dipotangake, opomaneh lamun anggone menehi utowo njilehi/ngutangi iku sinamudono kebak pamrih.
Dalam melakukan kebaikan itu tidak harus selalu identik dengan mengeluarkan uang/biaya, tetapi dapat juga dilakukan dengan perbuatan-perbuatan lain yang banyak sekali caranya. Selagi hal itu bisa membuat orang lain merasa senang, nyaman dan tentram, misalkan saja dengan memberikan muka ramah (tersenyum) serta bergaul dengan sopan dan hangat, bisa beradaptasi dalam segala bentuk pergaulan serta dapat menjadi contoh tauladan yang baik serta berperilaku utama. Semua itu merupakan bentuk-bentuk perbuatan kebaikan yang nilainya justru melebihi pemberian uang/harta yang diberikan atau dipinjamkan, apalagi jika semua itu semua itu dilakukan dengan pamrih. Jadi perbuatan baik itu tidak semata dengan memberikan uang tetapi bisa berupa hal atau perbuatan lain dan terkadang justru akan sangat bermanfaat bagi orang lain, tidak semua orang itu membutuhkan bantuan uang tetapi bisa juga berupa bantuan tenaga, sumbangsih pikiran ataupun saran.

0 komentar:

Posting Komentar