Selamat datang di http://rajiman77.blogspot.com {sometimes there is someone that is always there in the heart bur not in everyday life}

Buku Tamu

Minggu, 05 Januari 2014

Hindari Sifat Ke-AKU-an

Urip ing alam bebrayan iku yekti angel, kudu biso ngereh marang pakone “si Aku”, ojo mung nggugu karepe dewe lan tansah nuruti howo nepsu. Luwih-luwih ing dino samengko, alam bebrayan ing donyo iku tansah kebak pradondi, silih ungkih rebutan benere dewe. Mulo sing baku, wong urip iku kudu biso miyak aling-aing kang nutupi pikiran kang wening. Lire, senajano sajroning pasulayan kudu tansah biso nyandet kemrungsung “si Aku” istingarah sakehing bedone panemu biso disawijeake.
Dalam menjalani hidup bermasyarakat itu memang susah/sulit, harus bisa meredam dan mengalahkan ke Aku an, jangan lantas seenak dan semaunya sendiri serta selalu menuruti hawa nafsu. Terlebih kelak dikemudian hari, dalam menjalani pergaulan bermasyarakat itu penuh dengan persoalan, perselisihan yang silih berganti serta saling berebut mencari menangnya sendiri. Yang utama dan penting adalah dalam menjalani kehidupan itu harus bisa membuka pintu penghalang yang menutupi kesadaran pemikiran kita. Walaupun menghadapi perselisihan dan perbedaan harus bisa menahan diri serta gejolak ke”AKU”an, berusaha agar perbedaan pendapat bisa disatukan.

1 komentar:

  1. Dalam menjalani hidup bermasyarakat itu memang susah/sulit, harus bisa meredam dan mengalahkan ke Aku an, jangan lantas seenak dan semaunya sendiri serta selalu menuruti hawa nafsu.

    BalasHapus