Selamat datang di http://rajiman77.blogspot.com {sometimes there is someone that is always there in the heart bur not in everyday life}

Buku Tamu

Senin, 30 Desember 2013

Kesenangan & Kebahagiaan

Kesenangan itu berbeda dengan Kebahagiaan.
Kesenangan terjadi hanya merupakan keadaan sepintas, selewat saja bahkan ada kesenangan yang hanya pendek sekali waktunya. Setelah kesenangan itu terlewatkan, maka akan muncul rasa kebosanan dan kekecewaan. Kesenangan itu merupakan bentuk dari pemuasan nafsu keinginan. Jika keinginan tercapai maka akan muncullah Kesenangan dan kepuasan, dan waktunya pun bisa dibilang hanya sekejab dan baru terasa apa yang telah dicapainya itu merupakan kesenangan semu semata.
Kesenangan merupakan wujud lain dari Kesusahan, sudah jamak jika ada Suka pasti ada Duka, ada Puas ada Kecewa. Kesenangan merupakan permainan perasaan yang dikuasai oleh Nafsu.
Berbeda dengan Kebahagiaan, kebahagiaan bukanlah keadaan badan jasmani tetapi merupakan keadaan Jiwa. Keadaan jiwa yang bebas dari cengkraman dan permainan nafsu.
Panca indera, pikiran, hati dan akal budi merupakan alat pelengkap hidup kita dan jika kita tidak bisa mengendalikannya akan mudah sekali dikuasai oleh nafsu. Kita sebagai manusia hanya mampu berupaya melalui pikiran dan akal untuk tidak dikuasai oleh nafsu, Kekuasaan Allah SWT lah yang mampu membersihkan jiwa kita dari kekuasaan dan kurungan nafsu. Ikhtiar yang kita lakukan hanyalah dengan menyerahkan diri sepenuhnya kepada Allah SWT dengan meningkatkan keImanan serta penyerahan diri dengan penuh kesabaran, keikhlasan dan ketawakalan.

1 komentar:

  1. Ikhtiar yang kita lakukan hanyalah dengan menyerahkan diri sepenuhnya kepada Allah SWT dengan meningkatkan keImanan serta penyerahan diri dengan penuh kesabaran, keikhlasan dan ketawakalan.

    BalasHapus